Breaking News
Loading...
Tuesday, September 10, 2013

Tips Perjalanan Wisata Khusus Penyandang Cacat di Korea

5:24 PM


Chingudeul, siapapun berhak berwisata ke Korea dan menyaksikan keindahan  dari  Negeri ginseng tersebut, bahkan penyandang cacat sekalipun. Pariwisata Korea sangat mengedepankan faktor kenyamanan dan keamanan bagi siapapun baik wisatawan  lokal maupun internasional yang datang ke beberapa tempat di Korea Selatan yang ingin dikunjungi. Beberapa transportasi di Korea juga mengkhususkan tempat khusus untuk penyandang cacat agar perjalanan mereka jauh lebih nyaman.

Transportasi

  • Kereta bawah tanah:
Subway stasiun di Korea dilengkapi dengan lift atau sudah terdapat lift kursi roda bagi mereka yang memiliki kesulitan menggunakan tangga. Selain itu, platform stasiun kereta bawah tanah yang paling memiliki ubin Braille yang dapat membantu penumpang tunanetra menavigasi perjalan mereka di sekitar area platform hingga ke mobil kereta bawah tanah. Setiap mobil kereta bawah tanah memiliki kursi prioritas bagi lansia  dan  penyandang cacat, terutama pada jam sibuk.

Berikut peta jalur subway di Seoul.


  • Bus:


Semua bus di Korea memiliki tempat  duduk prioritas untuk lansia dan penyandang cacat. Saat ini baik  bus maupun kereta api juga sudah dilengkapi dengan landai di pintu dan memliki ruangan khusus untuk kursi roda namun sayangnya belum beroperasi secara keseluruhan.

Bandara


Di bandara Korea sudah menyediakan parkir  bagi penyandang cacat dan toilet yang dapat diakses dengan menggunakan kursi roda dan biasanya menawarkan layanan gratis sewa kursi roda. Setiap bandara menyediakan layanan spesial bagi manula dan penyandang cacat pengunjung. Meskipun layanan dapat beragam berdasarkan bandara, maskapai penerbangan, dan rute penerbangan, serta pelayanan umum.

Lokasi wisata



Untuk beberapa tempat wisata utama serta fasilitas budaya di Korea menawarkan beberapa diskon bahkan tiket masuk gratis bagi pengunjung penyandang cacat. Namun hal tersebut sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan. Syaratnya chingu harus menunjukan sertifikasi yang tepat terutama bagi pengunjung penyandang cacat yang tidak terlihat.

Beberapa tempat wisata Korea yang bisa dikunjungi seperti Sungai Cheonggyecheon, Seoul Hutan, dan Hangang Park Ttukseom Kabupaten (akhir pekan saja) serta fasilitas budaya termasuk Museum of Art Seoul, National Museum of Contemporary Art, dan Museum Nasional Korea sudah tersedia kursi roda gratis bagi penyandang caacat. Dalam rangka untuk menyewa kursi roda, pengunjung perlu memberikan identifikasi seperti paspor atau SIM.

Adapun fasilitas lain yang nyaman disediakan khusus penyandang cacat ialah:
  • Toilet

Beberapa lokasi wisata di Korea memiliki toilet untuk pengunjung penyandang cacat. Pintu toilet biasanya di desain lebih besar dibandingkan dengan pintu toiliet biasanya dengan beberapa fasilitas keselamatan yang etrpasang dengan baik.
  • Akses Khusus
fasilitas umum utama dan lokasi wisata memiliki akses khusus/atau jalur khusus seperti elevator untuk menyediakan akses yang mudah bagi pengunjung di kursi roda.

Pusat Perbelanjaan



Lokasi perbelanjaan di korea seperti pasar tradisional Korea biasanya penuh sesak dengan orang-orang , hal tersebut tentunya sangat menyulitkan bagi pengunjung penyandang cacat. Namun tak perlu khawatir, di dapartemen store dan pusat perbelanjaan besar biasanya  sudah memiliki fasilitas kenyamanan lebih. Di Lokasi Lotte Dapartement Store dan Yeoju Premium Outlet contohnya, kedua pusat perbelanjaan ini sudah menyediakan layanan kursi roda gratis.
  • Toko Obat & Klinik Pengobatan Korea
Perlu dicatat jika chingu membutuhkan obat,cobalah untuk mengunjungi jalan yang membentang dari Jongno 5-ga Station (subway line 1) ke Dongdaemun Station (kereta bawah tanah jalur 1 dan 4). Daerah ini dipadati dengan toko-toko yang menjual berbagai peralatan medis termasuk yang digunakan untuk mengukur tekanan darah, lemak tubuh, dan kadar gula darah. Anda juga akan dapat menemukan produk seperti kursi roda listrik, pemijat portabel, dan skala kamar mandi, sangat lengkap bukan?.

Jika chingu datang ke Korea untuk mencoba  pengobatan Oriental tradisional atau melakukan perawatan medis, Chorakdang di Uljin dan Ggotmaeul Klinik Pengobatan Oriental di Gyeongju sangat dianjurkan. Kedua fasilitas ini menawarkan program yang menggabungkan wisata dan perawatan medis, memberikan pengunjung sebuah perjalanan ke all-inclusive yang menyenangkan dan menguntungkan.

Rumah Sakit & Nomor Darurat

Jangan lupa untuk mencatat beberapa rekomendasi rumah sakit dan nomer  telepon darurat yang bisa dihubungi  lewat tabel  berikut:


Tips: Jika chingu membutuhkan layanan bahasa asing saat bepergian di Korea, bisa menghubungi 1.330 tt call center yang beropeasi 24 jam  guna membantu perjalanan yang dikelola oleh Organisasi Pariwisata Korea.




CR: https://www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer